5 Perbedaan Pipa PVC dan Pipa PPR

Pipa merupakan benda berbentuk selongsong memanjang yang memiliki jenis dan fungsi sebagai penyalur fluida bersifat cair maupun gas untuk membantu, menunjang dan memudahkan kinerja manusia. Banyak dari masyarakat sekitar kita masih belum memahami dan mengenal perbedaan pipa, khususnya Perbedaan pipa PVC dan PPR baik dari jenis dan fungsinya yang semakin bervariasi dan berkembang.

Sebenarnya tidak hanya ada satu jenis pipa loh. Ada beberapa jenis pipa yang mesti anda tahu. Dari sekian banyaknya jenis pipa, pipa PPR dan pipa PVC adalah yang banyak diminati. Tetapi, anda jangan sembarang pilih. Pipa PPR dan pipa PVC memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. dan distributor pipa biasanya lebih mengetahui keperluan yang anda butuhkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara keduanya.

Berikut adalah perbedaan pipa PVC dan PPR.

Pipa PVC
Pengertian
pipa PVC adalah polier termoplastik yang menduduki urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian di dunia, setelah polietilena dan polipropilena.

Sifat
pipa PVC adalah produk pipa berbahan vinyl. Jenis material ini membuat pipa PVC cenderung lebih ringan dan kuat. Selain itu, pipa PVC lebih tahan lama dan tidak mudah karatan. Dengan begini, kita tahu bahwa kedua jenis pipa tersebut memang berbeda dari jenis materialnya.

Manfaat
Pipa PVC biasa digunakan sebagai pipa saluran, tetapi bukan pipa saluran air bertekanan tinggi. Pipa PVC biasa digunakan untuk pipa saluran seperti saluran listrik, air ledeng, saluran pembuangan dan sebagainya. Pipa PVC dipilih karena sifatnya yang kuat dan tahan lama. Maka tidak mengherankan jika pipa kawat listrik, pipa pembuangan air hujan dan pipa air ledeng berasal dari pipa PVC.

Kelebihan
Pipa PVC mudah dipasang. Berbeda dengan pipa PPR yang direkatkan menggunakan mesin peleburan yang panas, pipa PVC bisa dipasang hanya dengan menggunakan lem profesional. Meski begitu, pipa PVC terbukti kuat. Tidak sedikit orang suka dengan pipa PVC.

Harga
Harga pipa PVC bisa dibilang pipa dengan harga yang murah dibandingkan dengan pipa-pipa lainnya. Biasanya harga pipa PVC yaitu ada di sekitar harga 40 ribu rupiah hingga dengan juta rupiah.

Pipa PPR
Pengertian
Pipa PPR adalah singkatan dari PolyPropylene Random. PPR merupakan pipa steril dari bahan plastik Polypropilene yang tahan terhadap suhu tinggi dan rendah serta tahan terhadap tekanan tinggi sehingga anti bocor. Jenis PPR memiliki sistem penyambungan pipa dan Fitting yang dapat bersenyawa dalam hitungan detik dan menghasilkan sambungan yang sangat kuat. Kekutan pada pipa PPR sendiri jika penggunaan sudah sesuai pengaplikasiannya maka pipa bisa bertahan hingga 100 tahun lamanya.

Sifat
pipa PPR adalah bagian dari produk pipa thermoplastik. Jenis pipa ini adalah pilihan yang tepat jika digunakan sebagai alat pengalir air bersuhu cukup tinggi dan bertekanan tinggi.

manfaat
Pipa PPR memiliki fungsi yang baik ketika dijadikan sebagai medium penghantar saluran air baik air panas atau air dingin. Pipa PPR sering digunakan sebagai pipa air minum, yaitu sebagai pipa intake.

Kelebihan
pipa ini memiliki sifat higienis sehingga banyak orang yang memilih pipa jenis ini. Selain itu, pipa PPR memiliki ketahanan terhadap abrasi, lentur dan goncangan. Pipa PPR juga mampu meredam bising dan memiliki daya penghantar panas yang lebih rendah.

Harga
biasanya pipa PPR sedikit lebih mahal dibandingkan pipa PVC. Pipa PPR biasanya dibanderol di sekitar harga 50 ribu rupiah sampai dengan 4 juta rupiah.

Mengetahui tentang perbedaan pipa pvc dan ppr akan sedikit lebih memudahkan anda untuk memilih dengan sesuai keperluan anda di rumah, seperti Pipa Rucika yang selalu menjaga kualitasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.