adibrata graha

5 Jenis Pipa Untuk Instalasi Air

Tips Memilih Pipa PVC Agar Awet Puluhan Tahun – Pipa Air
Untuk instalasi air di rumah tentunya anda membutuhkan pipa. Pipa bisa anda dapatkan dengan membeli di toko atau distributor terdekat. Nah, bagi anda yang kebetulan tinggal di Jakarta, bisa membelinya di Distributor Pipa PVC & HDPE. Distributor pipa Jakarta ini berlamat di : Jl, Raden Inten II, RT 10/RW.5, Duren Sawit, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13440.

Sebelum ketempat jual pipa jakarta sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis pipa. Berikut 5 jenis pipa yang bisa anda gunakan :

Pipa PVC

Pipa PVC (PolyVinyl Chloride) adalah produk termoplastik yang permakali digunakan untuk saluran air dan pipa PVC merupakan jenis pipa yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Hal ini dikarenakan pipa PVC memiliki banyak manfaat.

Pipa ini terbuat dari bahan baku berupa polivinil klorida atau yang lebih populer disebut dengan PVC. Yang mana, material ini merupakan salah satu produk polimer termoplastik pada urutan ketiga. Adapun kelebihan dari pipa PVC ini adalah harganya yang murah serta mudah untuk dirangkai. Sehingga tidak aneh kalau pipa PVC ini sering digunakan di banyak tempat.

Pipa Air CPVC

Pipa air CPVC merupakan jenis pipa saluran air yang memiliki kelebihan daya tahan panas. Selain itu, pipa jenis ini sangat tebal serta memiliki tingkat ketahanan yang baik terhadap perubahan suhu tinggi. Dimana, pipa air CPVC ini mampu menahan suhu hingga lebih dari 1800 derajat celsius, sehingga sangat cocok untuk instalasi air panas dan dingin. Selain itu, pipa saluran air CPVC ini biasanya berwarna oranye. Pipa air yang satu ini bisa anda manfaatkan untuk instalasi air panas dan dingin di kamar mandi anda.

Pipa Air PVC-O

Pipa air PVC-O bisa menjadi pilihan andalan anda untuk saluran air bersih maupun limbah karena memiliki tingkat keretakan yang lebih rendah. Pipa air PVC-O sendiri merupakan hasil pengembangan dari bahan polivinil klorida yang diproduksi melalui metode bi-axial. Dengan menggunakan metode tersebut, membuat ikatan antara molekul bahan baku menjadi lebih kuat, sehingga material yang dihasilkan pun menjadi lebih tipis, lebih elastis, dan lebih efektif untuk menampung volume air.

Bukan hanya itu, pipa ini juga mempunyai tingkat keretakan yang lebih rendah dibandingkan pendahulunya. Dengan begitu, hal ini membuat PVC-O dianggap lebih baik dibandingkan jenis pipa PVC biasa. Pipa jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk saluran air bersih, air limbah, dan saluran air hujan.

Pipa Air HDPE

Pipa air HDPE merupakan produk pipa polietelina dengan densitas tinggi yang terbuat dari bahan termoplastik yang tidak mengandung zat berbahaya. Selain itu, kelebihan lainnya dari pipa air HDPE adalah lebih kuat, lentur, tidak mudah rusak, dan anti karat.

Pipa HDPE sangat cocok digunakan sebagai saluran air bersih karena kelebihannya yang non-toxic dan mempunyai elastisitas tinggi. Selain itu, pipa jenis ini juga aman dan ideal untuk menyalurkan air konsumsi rumah tangga. Yang menariknya, usia penggunaan pipa ini llebih awet dan dan cukup panjang, yakni hingga jangka waktu 50 tahun.

Pipa uPVC

Pipa uPVC merupakan jenis pipa yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan karena tidak mengandung plasticizer. Pipa uPVC mempunyai ketahanan daya yang sangat baik sebagai saluran aira karena tahan pecah. Bukan hanya itu, dengan menggunakan pipa ini anda tidak usah khawatir lagi jika menempatkan pada halaman terbuka yang terpapar sinar matahari. Pasalnya, berkat adanya UV protection air yang mengalir melalui pipa ini tidak akan terkontaminasi oleh bahan pipa yang larut akibat paparan sinar matahari.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Buka
Butuh Bantuan?