Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin

Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin? Sekarang Kalian Bisa Memilihnya

Dulu jika ingin mandi air panas, kita harus merebus air secara manual lewat panci. Kini semua itu tidak diperlukan lagi karena ada cara yang lebih modern dan simple.

Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan pipa harus tepat. Bukan pipa biasa, tapi yang lebih luar biasa, yang bisa menampung air panas suhu tinggi atau air dingin. Dari melihat seluruh jenis pipa yang saat ini ada, berikut adalah pipa-pipa yang banyak digunakan:

  • Pipa bahan baja galvanis
  • Pipa bahan tembaga
  • Pipa PVC (polivinil klorida)
  • Pipa PPR
  • Pipa PEX
  • Pipa kuningan
  • Pipa besi tuang

Dan masih banyak lagi jenis pipa lainnya berdasarkan bahan. Mereka punya keunggulan sendiri-sendiri. Contohnya pipa PPR yang tahan dengan suhu tinggi, banyak dipakai konsumen untuk pipa air panas dan dingin. Kualitasnya bagus, awet dan tahan lama sampai 50 tahun jika dirawat dengan baik.

Tips Memilih Pipa untuk Air

Tipsnya itu basic, atau dasar sekali. Anda mungkin sudah tahu, tapi mari kita perjelas lagi. Tips memilih pipa harus mempertimbangkan fitur-fiturnya:

  • Pipa harus tidak korosif (atau pipa harus tahan karat)
  • Pipa harus berumur panjang atau awet
  • Pipa harus bebas dari kebocoran tidak mudah pecah
  • Mempertimbangkan keberlanjutan pipa pilihan Anda

Lalu untuk yang lebih spesifik lagi yang menjawab pertanyaan mengenai pipa seperti apa yang bagus untuk air panas dan dingin, bisa Anda lihat di bawah ini.

Pipa yang Bagus untuk Air Panas dan Dingin

Pipa PP-R adalah jenis yang paling direkomendasikan pada kebutuhan air panas dan dingin ini. Pipa ini lebih baik daripada pipa jenis lain, alasannya adalah sebagai berikut:

  1. Pipa PPR tahan panas
  2. Tahan korosi atau tidak berkarat
  3. Pipa PPR memiliki sifat anti-mikroba secara alami
  4. Digunakan pada pengaplikasian perpipaan di bawah tanah atau di atas air tanah
  5. Dapat dihubungkan dengan berbagai cara

Sementara pipa yang bagus digunakan untuk air dingin adalah pipa PVC. Anda bisa menentukan ketebalan dan konfigurasi pipa sesuai dengan kebutuhan. Atau Anda menggunakan pipa PPR untuk dua jenis suhu air (panas dan dingin), karena dia sama-sama bagus untuk kebutuhan tersebut.

Atau lebih spesifik lagi, Anda bisa menggunakan salah satu produk dari pipa Rucika, yaitu Rucika Kelen Green. Pipa tersebut menggunakan teknologi Eropa dan telah dipakai di beberapa benua seperti Asia, Eropa, dan Amerika Latin. Kualitasnya terjaga, konsistensi kualitas produk juga tetap optimal.

Pipa Rucika Kelen Green menggunakan material sifat rambat panas yang rendah, dengan konduktivitas termal PP-R 0,21 W/m°C yang menjadikan pipa tersebut menjadi isolator panas yang baik. Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi untuk memakai pipa seperti apa untuk mengairi air panas atau dingin. Ingatlah, gunakan pipa jenis PP-R atau memakai produk dari Rucika Kelen Green. Semoga membantu Anda yang bingung.

banner-hargapipapvc
Butuh Bantuan?