5 Tips Memelihara Pipa PVC

5 Tips Memelihara Pipa PVC

Pipa pvc memiliki daya tahan baik. Tekanan dan cuaca tidak mempengaruhi bentuknya. Meskipun dialiri air bertekanan tinggi, pipa tetap mampu bekerja baik. 

Tetapi, Anda tidak bisa membiarkan pipa Anda begitu saja. Tanpa perawatan, pipa PVC dapat juga rusak. Tentunya, hal ini akan mengganggu aliran air ke rumah Anda. Untuk itu, berikut ini beberapa tips untuk merawat pipa PVC.

Bersihkan Pipa Secara Rutin

Hal ini mungkin sulit dilakukan untuk pipa yang ditanam. Tetapi, Anda bisa melakukannya pada pipa yang bisa Anda jangkau. Lalu, apa gunanya hal ini?

Proses pembersihan penting untuk menghilangkan zat berbahaya dari dari permukaan pipa PVC. Debu dan kotoran termasuk didalamnya. Dua hal tersebut bila dibiarkan akan menjadi endapan. Dan, endapan itu dapat menjadi tebal. Pada akhirnya, endapan akan menyumbat pipa.

Jadi, dengan membersihkan pipa secara rutin, Anda bisa menghindari masalah tersebut. Air mengalir lancar. Pipa berfungsi baik. Yang terpenting, Anda merasa nyaman memakai air di rumah Anda.

Periksa Kondisi Pipa Secara Teratur

Kerusakan kecil dapat berubah menjadi bencana. Retak kecil mungkin hanya membuat bocor kecil. Tetapi, bila dibiarkan, retakan dapat membesar. Pada akhirnya, kondisi tersebut dapat merusak pipa air

Dengan memeriksa secara teratur, Anda dapat menemukan masalah tersebut lebih cepat. Lalu, lakukan perbaikan sesegera mungkin. Anda pun dapat mencegah kerusakan menjadi lebih parah. 

Baca Juga : Cara Mengukur Ketebalan Dinding Pipa

Menghindari Beban Berat

Pipa PVC memang tahan tekanan. Tetapi, bila menerima tekanan berlebihan, maka kerusakan bisa juga muncul. Jadi, hindari meletakkan beban berat. Khususnya, jangan letakkan pada bagian sambungan. 

Kebiasaan itu akan meningkatkan resiko kerusakan. Efek terburuknya, pipa dapat pecah. Bila itu terjadi, maka aliran air ke rumah Anda juga akan terganggu.

Jaga Suhu Sekitar Pipa

Pipa PVC dapat bertahan di berbagai kondisi cuaca. Meskipun cuaca panas atau dingin, pipa jenis ini dapat bekerja dengan baik. Tetapi, bila ada faktor eksternal yang mempengaruhi suhu yang diterima pipa ini, maka kerusakan pun dapat terjadi. 

Oleh karena itu, pastikan tidak meletakkan benda yang bisa mempengaruhi suhu di sekitar pipa. Bahan yang membuat suhu pipa panas atau terlalu dingin tidak baik untuk diletakkan di dekat pipa. Bila hal tersebut tetapi dibiarkan dalam waktu lama, pipa PVC Anda bisa rusak.

Selain itu, perhatikan pula lokasi pemasangan pipa air rumah tangga. Pemasangan yang salah juga dapat mempengaruhi suhu lingkungan disekitar pipa. Misalnya, Anda memasang pipa ini dekat dengan pemanas ruangan. Ada resiko pipa akan rusak karena panas.

Memelihara Kondisi Air

Bahan PVC memang tahan berbagai bahan kimia. Tetapi, bila terekspos secara terus-menerus, kerusakan pun dapat terjadi. Oleh karena itu, pastikan kondisi air yang mengalir melaluinya baik dan tidak mengandung bahan kimia yang merusak.

Anda bisa melakukan langkah mudah untuk hal ini. Misalnya, pasang filter air. Saat ini ada banyak produk ini yang bisa digunakan. Pasang pada saluran air utama. Dengan begitu, air yang mengalir ke rumah sudah bebas dari bahan tersebut. Jadi, pipa PVC yang mengalirkannya ke berbagai ruangan didalam rumah tidak terkena bahan tersebut.

Penutup

Itu dia beberapa tips memelihara pipa PVC. Anda bisa menerapkannya pada semua pipa di rumah Anda. mulai dari pipa air minum hingga pipa pembuangan. Dengan begitu, pipa PVC Anda akan bertahan lama dan berfungsi baik.