Perlu Kita Ketahui Apa Perbedaan Dari Pipa PVC dan PPR Agar Tepat Penggunaannya

Perlu Kita Ketahui Apa Perbedaan Dari Pipa PVC dan PPR Agar Tepat Penggunaannya

Sampai saat ini, banyak masyarakat dari sekitar kita yang belum benar-benar mengetahui perbedaan dari berbagai pipa, baik dari segi jenis maupun funsinya. Untuk mengenalnya, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu pengertian dari pipa. Pipa adalah sebuah selongsong bundar yang berguna untuk mengalirkan fluida baik berupa cairan atau gas. Terminologi pipa biasanya sama dengan istilah tube, nmaun biasanya istilah untuk pipa memiliki diameter lebih dari ½ inch. Pipa termasuk salah satu bagian yang amat penting pada system plumbing. Terdapat banyak jenis-jenis pipa. Jenis -jenis pipa itu semua terbagi berdasarkan fungsi, letak serta materialnya.

Untuk jenis pipa menurut fungsinya, pipa terbagi ke dalam 4 bagian, yaitu pipa saluran untuk air bersih, pipa saluran air bekas, pipa saluran air kotor serta pipa saluran air hujan. Dari jenis pipa menurut materialnya terdapat banyak jenisnya, salah satunya pipa PVC dan pipa PPR. Di artikel kali ini akan dibahas perbedaan pipa PVC dan PPR berdasarkan fungsi yang umum dari pipa sebagai saluran air bersih yang biasa digunakan untuk gedung bertingkat maupun perumahan.

Perbedaan pipa PVC dan PPR dari pengertiannya
Pipa PVC singkatan dari Polyvinyl Chloride adalah polimer thermoplastic urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian di dunia dan harganya sangat murah jika dibandingkan dengan jenis pipa lainnya. Pipa PVC hanya bisa digunakan untuk saluran listrik dan juga pipa saluran. Sedangkan pipa PPR adalah singkatan dari PolyPropylene Random. PPR merupakan pipa steril dari bahan plastic Polypropilene yang tahan terhadap suhu tinggi dan rendah serta tahan terhadap tekanan tinggi sehinggga anti bocor. Pipa PPR biasanya digunakan dalam sebuah proyek transportasi air paans dan juga dingin.

Perbedaan pipa PVC dan PPR dari Jenis dan fungsinya
Pipa PVC dn PPR memiliki spesifikasi yang berbeda. Bahan baku dari pipa PVC adalah Polimer Thermoplastk yang sangat andal untuk memproduksi berbagai jenis produk PVC antara lain sebagai bahan bangunan yang relatif tahan lama dan mudah untuk dirangkai.

Pipa PVC memiliki fungsi serta keunggulan sebagai berikut :

Mengalirkan air kebutuhan sanitasi
Saluran air buangan
Merapikan kabel
Tidak menghantar api
Memiliki permukaan yang licin
Sedangkan pipa PPR adalah singkatan dari PolyPropylene Random. PPR merupakan pipa steril dari bahan plastik Polypropilene yang tahan terhadap suhu tinggi dan rendah serta tahan terhadap tekanan tinggi sehingga anti bocor.

Jenis PPR memiliki sistem penyambungan pipa dan Fitting yang dapat bersenyawa dalam hitungan detik dan menghasilkan sambungan yang sangat kuat.

Kekuatan pada pipa PPR sendiri jika penggunaannya sudah sesuai dengan pengaplikasiannya, maka pipa bisa bertahan hingga 100 tahun lamanya.

Pipa jenis PPR ini memiliki jenis dan fungsi keunggulan sebagai berikut :

Saluran Supply Air bersih bertekanan baik air panas sampai air dingin
Memiliki kulit pipa yang tebal jika banding dengan pipa yang lain
Tahan terhadap suhu tinggi dan suhu rendah
Memakainya dengan penggunaan lengkap
Pipa tidak mudah berkoroi karena cuaca alam
Tahan terhadap tekanan air tinggi
Pipa juga memiliki keunggulan pada aplikasi saluran yang bersih untuk konsumsi (food grade)
Itulah perbedaan pipa PVC dan PPR yang perlu kita ketahui agar tepat dalam penggunaannya sehingga lebih efektif dan efisien.

Write a Reply or Comment