5 tips memilih pipa yang berkualitas

5 tips memilih pipa yang berkualitas

Pipa air adalah elemen rumah yang tak terbantahkan. Keberadaannya sangat dibutuhkan sebagai sarana untuk jalannya air. Mulai dari pembuangan limbah cair dari dalam ke luar, sampai menjalankan air bersih dari satu pusat ke berbagai sudut rumah. Instalasi Pipa mempunyai peran yang sangat penting untuk kebutuhan rumah tangga atau proyek bangunan besar. Baik pipa untuk kebutuhan saluran air bersih, pipa untuk pembuangan, pipa air panas dan banyak lagi kebutuhannya.

Jika ternyata saluran pipa menglami kerusakan maka saluran air anda pun akan terganggu. Sehingga jika dibiarkan akan memicu terjadinya kerusakan atau kebocoran yang tak terduga. Karena perannya yang sangat vital, tidak seharusnya gegabah memilih pipa air. Pastikan memiliki pipa air yang tepat, dengan kualitas yang sesuai dengan keinginan untuk saluran air di rumah. Tujuannya supaya pipa air tahan lama, tak khawatir harus bongkar-bongkar karena ada yang bocor atau rusak. Berikut ini beberapa tips memilih pipa yang bisa menjadi bekal agar tak salah dalam memilih pipa di rumah.

Ketahui Jenis Pipa yang Dibutuhkan
Sebelumnya sydah dijelaskan bahwa sangat beragam sekali jenis pipa yang bisa anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Selain itu karena karakteristik tiap jenis berbeda maka akan sangat mempengaruhi pada penggunaannya. Ada banyak macam jenis pipa air yang dipasarkan. Namun untuk rumah tangga kebanyakan konsumen menggunakan pipa PVC dan pipa HDPE.

Alasan menggunakan PVC adalah bobot yang ringan karena terbuat dari plastik, tapi memiliki kekuatan dan keras. Karena tidak bisa ditekuk, pipa PVC membutuhkan sambungan. Jenis pipa PVC ini, anda bisa gunakan untuk kebutuhan rumah, misalnya untuk kebutuhan salura pembuangan air dan juga atap rumah.

Jenis pipa ini pada umumnya membutuhkan sambungan dengan panjang minimal dari pips PVC adalah 4 meter. Sementara untuk jenis HDPE merupakan pengembangan dari pipa PE. Tektsurnya lebih elastis dan mudah ditekuk. Pipa jenis ini dipasarkan dalam gulungan panjang dan tak butuh banyak fitting. Ketahanan HDPE juga bisa mencapai waktu 50 tahun sehingga anda tidak perlu sering mengganti pipa, asalkan anda bisa menjaganya dari resiko kerusakan.

Tes kekuatan pipa
Saat mendatangi toko bangunan, penjual akan menawarkan beberapa merek berbeda yang tentunya bisa kamu pilih sesuai selera dengan kualitas yang cukup bervariasi. Dan untuk mengetahui kualitas dari pipa, anda dapat menekan pipa sampai bagian dalam pipanya saling bertemu. Jika memang tidak pecah, artinya pipa tersebut lunur dan mempunyai kualitas yang baik.

Pilih ukuran yang pas
Menyesuaikan ukuran pipa adalah hal yang sangat penting. Karena jika salah ukuran maka kebutuhan pipa anda tidak akan terpenuhi dan anda harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk membeli pipa lainnya. Hitung dan tentukanlah total kebutuhan pipa anda, karena akan mempengaruhi juga pada pemilih diameter serta jenis pipanya.

Bedakanlah setiap saluran pipa sesuai dengan kondisinya
Tak hanya ukuran, sesuaikan juga jenis pipa dengan saluran yang ingin dipasangkan sistem perpipaan. Misalnya untuk keperluan kamar mandi dengan sistem heater, kamu membutuhkan pipa tahan panas minimal sampai 85 derajat celcius.

Gunakan fitting dan perekat yang tepat
Elemen perekat juga tidak boleh disepelekan karena fungsinya untuk menyambungkan pipa. Pilihlah produk yang biasanya cocok digunakan dengan model dan merek pipa yang akan kamu beli agar tak perlu repot-repot mencari lem dan fitting terpisah.

Untuk distributor pipa yang terjamin kualitas dan harganya pas sesuai dengan kebutuhan anda. Kami juga menyediakan berbagai macam pipa seperti pipa pvc, pipa ppr. Berbagai merk berkualitas seperti pipa rucika.

Write a Reply or Comment