Tips Memilih Pipa PVC

Tips Memilih Pipa PVC

Pipa air merupakan salah satu komponen yang digunakan untuk menyalurkan air dari sumber air ke bagian-bagian rumah yang membutuhkan air. Dari segi fungsi, pipa saluran air berfungsi bukan hanya untuk menyalurkan air bersih sebagai salah satu kebutuhan dasar, melainkan juga berfungsi untuk menyalurkan air kotor atau limbah ke tempat pembuangan.

Salah satu jenis pipa yang sering digunakan untuk penyaluran air adalah Pipa PVC (PolyVinyl Chloride). Hal ini dikarenakan pipa PVC memiliki banyak manfaat.

Pipa ini terbuat dari bahan baku berupa polivinil klorida atau yang lebih populer disebut dengan PVC. Yang mana, material ini merupakan salah satu produk polimer termoplastik pada urutan ketiga. Adapun kelebihan dari pipa PVC ini adalah harganya yang murah serta mudah untuk dirangkai. Sehingga tidak aneh kalau pipa PVC ini sering digunakan di banyak tempat.

Selain itu, pipa PVC ini tidak menghantarkan api sehingga ketika terbakar titik nyala api tidak akan merembet ke bagian yang lainnya. Bahkan, titik nyala api tersebut akan padam dengan sendirinya.

Bukan hanya itu, kelebihan dari pipa PVC ini adalah tidak menimbulkan karat yang disebabkan oleh air laut atau bahan kimia.

Tips Memilih Pipa PVC

Sebelum membeli pipa PVC, sebaiknya anda mengetahui tips-tipsnya terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya berikut ini.

  1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Tips yang pertama adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Pipa PVC jenis ini terbagi ke dalam 3 jenis yakni AW, D, dan C.

  • Pipa PVC Jenis AW

Pipa PVC jenis ini merupakan pipa paling tebal yang biasa digunakan untuk aliran bertekanan tinggi, seperti pompa air. Selain itu, bisa juga digunakan untuk saluran air dalam tanah yang mungkin akan mengalami tekanan besar dari kendaraan berat yang melintas di atasnya.

  • Pipa PVC Jenis D

Jenis pipa yang satu ini tidak terlalu tebal seperti jenis AW. Pipa PVC jenis ini bisa digunakan untuk tekanan yang tidak terlalu besar seperti untuk saluran pembuangan.

  • Pipa PVC Jenis C

Pipa PVC jenis C ini merupakan pipa yang paling tipis. Pipa jenis ini biasanya digunakan untuk buangan air, tidak untuk tekanan.

  1. Cek Kekuatan Pipa

Ketika mendatangi toko material, penjual akan menawarkan beberapa merek berbeda yang bisa anda pilih sesuai dengan selera dengan kualitas yang tentunya sangat beragam. Nah, dalam hal ini anda bisa menanyakan rekomendasi produk pipa PVC terbaik yang sangat cocok untuk kebutuhan anda.

  1. Pilih Ukuran Yang Pas

Dalam hal ini, gunakan panduan ukuran agar anda tidak salah dalam membeli pipa PVC. Jangan sampai pipa yang anda beli tersebut kekecilan atau kebesaran yang tentunya bisa merugikan anda sendiri.

  1. Beda Saluran, Beda Pula Pipanya

Bukan hanya disesuaikan ukurannya, sesuaikan juga jenis pipa dengan saluran yang hendak anda pasang sistem perpipaannya. Sebagai contoh, untuk keperluan kamar mandi dengan sistem heater, maka anda membutuhkan pipa yang tahan panas minimal hingga 85 derajat celsius.

  1. Gunakan Fitting dan Perekat Yang Tepat

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat akan membeli pipa PVC adalah elemen perekatnya yang berfungsi untuk menyambungkan pipa. Maka dari itu, pilihlah produk pipa yang biasanya cocok digunakan dengan model dan merek pipa yang bisa anda beli supaya tidak usah repot-repot mencari lem dan fitting terpisah.

Write a Reply or Comment