Mengenal Jenis Jenis Pipa PVC Yang Tersedia Dipasaran

Mengenal Jenis Jenis Pipa PVC Yang Tersedia Dipasaran

Kini, penggunaan pipa PVC sudah mulai menggeser pipa besi terutama pada perumahan. Selain harga pipa pvc yang jauh lebih murah, namun pipa PVC juga lebih mudah diangkut karena materialnya yang ringan. Pipa PVC juga mudah dipotong sesuai keperluan, sehingga proses instalasinya mudah dan praktis. Selain itu juga, pipa PVC tahan asam dan alkali sehingga keawetannya tetap terjaga.

Pipa PVC juga menjadi solusi untuk pipa besi yang gampang karatan dan lama lama akan keropos sehingga menjadi bocor. Memang soal kekuatan, pipa besi jauh lebih tangguh dibandingkan dengan pipa PVC. Oleh karena itu, pipa besi masih banyak digunakan dalam proyek proyek besar seperti gedung tinggi lantaran kekuatannya tersebut. Biasanya pipa besi akan dilapisi galvanisas supaya membuatnya tahan terhadap karat.

Kini, pipa PVC tersedia dalam beberapa ukuran dan tipe. Berikut jenis jenis pipa PVC yang tersedia dipasaran saat ini :

  1. Pipa PVC Berdasarkan Ketebalannya

Umumnya pipa PVC yang akan kamu temukan dipasaran berdasarkan ketebalannya terdiri dari 3 tipe, yaitu :

  • Tipe AW

Produk pipa AW merupakan tipe pipa PVC yang paling tebal dan kuat. Pipa ini dapat menahan tekanan air hingga 10 kg/cm2. Tipe pipa AW ini cocok untuk saluran air bersih karena mampu menahan tekanan dari pompa air dan gravitasi karena ketinggian tandon air.

  • Tipe D

Selanjutnya, produk pipa D dengan ketebalan sedang yang mampu menahan tekanan air hingga 5 kg/cm2. Produk pipa PVC tipe D cocok untuk saluran air limbah dan air kotor.

  • Tipe C

Terakhir, produk pipa C yang memiliki ketebalan paling tipis. Biasanya tipe pipa PVC ini bukan digunakan untuk saluran air, namun untuk membungkus kabel kabel instalasi listrik atau jaringan komunikasi.

  1. Pipa PVC Berdasarkan Ukurannya

Umumnya, pipa PVC terjual dengan panjang 4 meter. Biasanya, untuk penampangnya dalam ukuran inci. Pipa PVC memiliki diameter yang bervariasi mulai dari 5/8, 1/2, 3/4, 1, 1 ¼, 1 ½, 2, 2 ½, 3, 4, 5, dan 6 inci.

  • Ukuran Pipa Saluran Air Bersih

Rumah rumah biasanya menggunakan pipa PVC tipe AW berdiameter ½ dan 1 inci untuk saluran air bersih. Pipa berukuran 1 inci biasanya terpasang pada saluran induk air bersih, seperti dari tangki air atau dari instalasi PAM. Sedangkan cabang dari saluran induknya menggunakan pipa berukuran ½ inci.

  • Ukuran Pipa Air Kotor

Untuk saluran air kotor bisa menggunakan pipa tipe D. Ukuran 4 inci untuk saluran air limbah atau buangan dari kamar mandi. Pipa harus berukuran besar supaya kotoran kotoran bisa lewat dengan lancar. Biasanya pipa ini terpasang dipinggir bangunan.

Sedangkan ukuran 3 inci untuk pipa vertikal saluran buangan air hujan dari talang air yang ada diatap rumah. Ukuran pipa tidak harus besar, karena hujan tidak akan turun setiap hari, serta tidak sesering pembuangan air kotor dan air limbah.

  1. Pipa PVC Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, Pipa PVC terbagi menjadi 4 tipe yaitu :

  • Pipa Polos

Pipa ini memiliki diameter yang konsisten pada keseluruhan panjang batangnya. Kamu butuh pipa penyambung atau fitting untuk menyambungkan pipa polos ini.

  • Pipa MOF

Pipa ini salah satu ujungnya lebih besar dari ujung lainnya. Pipa yang salah satu ujungnya lebih besar ini bisa kamu sambungkan dengan pipa lainnya tanpa membutuhkan penyambung.

  • Pipa Fitting

Kamu bisa gunakan pipa fitting untuk menyambungkan dua hingga empat pipa. Bentunya bervariasi ada yang berupa increaser, huruf T, huruf L, tanda panah, dan lainnya sesuai dengan jumlahh batang yang akan disambungkan.

  • Pipa Talang

Pipa ini punya penampang berbentuk huruf U dan kamu gunakan khusus untuk mengalirkan air hujan. Umumnya, pipa talang terpasang pada lisplang atau ujung jurai atap rumah.

Write a Reply or Comment