Kegunaan Pipa Untuk Saluran Air

Kegunaan Pipa Untuk Saluran Air

Agar sebuah rumah menjadi hunian yang layak dan nyaman, maka semuanya harus dirancang dengan baik. Termasuk yang berhubungan dengan penataan sistem saluran air, yang biasanya terdiri dari dua subsistem. Yakni sistem membawa air bersih dan mengeluarkan air limbah rumah tangga.

Nah, salah satu komponen saluran air yang harus diperhatikan adalah penggunaan jenis pipa untuk air yang tepat.

Pipa ini sendiri merupakan sebuah selongsong bundar yang bermanfaat untuk mengalirkan fluida-cairan atau gas. Secara terminologi, pipa ini bisa sama artinya dengan tube, akan tetapi istilah pipa ini biasanya memiliki diameter lebih dari ½ inch.

Kegunaan Pipa

Kegunaan dari pipa ini sendiri adalah sebagai saluran pasokan air bersih dan saluran air kotor/buangan, pelindung kabel listrik yang dipasang di dinding rumah/tanah yang tidak akan berkarat akibat pengaruh cuaca dan alam.

  • Pemakaian Tekanan Tinggi

Dalam kategori ini bisa digunakan sebagai saluran pasokan air minum, irigasi, saluran bahan kimia, dan sprinkler.

  • Pemakaian Tekanan Menengah

Dalam kategori ini bisa digunakan sebagai saluran pasokan air minum, irigasi, pembuangan dan venting pada bangunan.

  • Tekanan Rendah

Dalam kategori ini bisa digunakan untuk selokan, pembuangan limbah, pembuangan bahan kimia pada jalan raya, air hujan, dan Telkom (Telkom Duct Sistem).

Beberapa Jenis Pipa Saluran Air

  1. Pipa Air PVC

Pipa PVC adalah jenis pipa air yang paling populer digunakan untuk saluran pipa mengalirkan air di hunian. Pipa ini disebut PVC karena diproses dari bahan polivinil klorida dan termasuk salah satu polimer termoplastik. Bahan baku untuk pembuatan pipa saluran air PVC ini diklaim tidak mengandung zat berbahaya, sehingga aman digunakan dan sering digunakan untuk saluran pipa air bersih.

Kelebihan lainnya dari pipa air PVC adalah proses instalasi yang sangat mudah, gampang dipotong, kuat, serta harga Pipa PVC relatif lebih terjangkau. Berikut kelebihan pipa PVC selengkapnya.

Kelebihan Pipa PVC

  • Anti Karat

Salah satu kelebihan dari pipa pvc ini adalah tidak menimbulkan karat yang disebabkan oleh air laut atau bahan kimia.

  • Sanitasi

Kelebihan pipa PVC berikutnya adalah tidak beracun dan tidak merubah rasa maupun warna dari semua cairan yang melaluinya. Tentunya hal ini sangat baik anda gunakan sebagai saluran air bersih dan air minum.

  • Ringan

Bobot pipa pvc ini cukup ringan sekitar kurang lebih 1/5 dari berat pipa besi atau sekitar 1,42 gram.

  • Tidak Menghantarkan Api

Pipa pvc ini tidak menghantarkan api sehingga ketika terbakar titik nyala api tidak akan merembet ke bagian yang lainnya. Bahkan, titik nyala api tersebut akan padam dengan sendirinya.

  • Permukaan Yang Licin

Dengan tekstur permukannya yang licin, pipa pvc ini bisa memberikan manfaat lainnya bagi penggunanya, diantaranya adalah kecepatan aliran air konstans, tidak menimbulkan endapan kotoran, tidak mudah tergerus benda yang tajam, dan tahanan aliran yang kecil.

  1. Pipa Air CPVC

Pipa air CPVC (Chlorinated Polyvinyl Chloride) merupakan jenis pipa saluran air yang mempunyai kelebihan daya tahan panas. Selain itu, pipa air CPVC ini sangat tebal dan memiliki tingkat ketahanan yang baik terhadap perubahan suhu tinggi.

Yang mana, pipa air CPVC ini mampu menahan suhu hingga lebih dari 1800 derajat celsius, sehingga sangat cocok untuk instalasi air panas dan dingin. Selain itu, pipa saluran air CPVC ini biasanya berwarna oranye. Pipa air yang satu ini bisa anda manfaatkan untuk instalasi air panas dan dingin di kamar mandi anda.

Write a Reply or Comment