Tipe Pipa Untuk Instalasi Air Kotor

pipa-pvc-dan-pipa-pe

Tipe Pipa Untuk Instalasi Air Kotor

Penggunaan pipa pada kehidupan sehari-hari bisa jadi bermacam-macam dan cukup beragam. Dalam sebuah bangunan umumnya terdapat berbagai macam jenis instalasi pipa di dalamnya. Sehingga perlu dipastikan bahwa tipe pipa yang digunakan sudah sesuai. Salah satunya yaitu tipe pipa untuk instalasi air kotor. Tentunya ada beberapa jenis dan tipe pipa PVC yang tepat digunakan untuk tujuan tersebut. Karena itu sebaiknya jangan asal memilih, namun ada baiknya mencari informasi terlebih dahulu seperti yang tertulis berikut di bawah ini.

Pipa PVC Kelas D Diameter 2in

Hal pertama yang sebaiknya dipahami sebelum memilih jenis pipa yang cocok yaitu memastikan apa kelas yang paling sesuai untuk instalasi air kotor. Perlu diketahui umumnya di pasaran ada pipa PVC kelas AW dan ada juga pipa PVC kelas D. Maka dari itu sebaiknya pahami penggunaan masing-masing serta kelebihan dan kekurangan masing-masing saat ingin memilihnya.

Sebagai informasi, untuk pipa PVC kelas AW umumnya digunakan untuk aliran air bertekanan. Namun jika air yang berada di dalam saluran pipa tidak memiliki tekanan, maka cocok untuk menggunakan pipa PVC kelas D. Nah, air kotor umumnya merupakan hasil pembuangan. Sehingga tidak perlu ditambahkan tekanan dan bisa mengalir dengan sendirinya ke area yang ditentukan. Maka dari itu sebaiknya gunakan pipa PVC kelas D untuk keperluan yang satu ini. Sehingga penggunaannya tepat sesuai dengan material pipa tersebut.

Adapun jenis pertama yang biasa digunakan untuk instalasi air kotor yaitu pipa dengan ukuran 2in. Ini merupakan ukuran terkecil yang digunakan pada instalasi air tersebut. Maka dari itu jika ukuran ini sesuai, tidak ada salahnya memilih ukuran 2in sebagai pilihan. Umumnya penggunaan ukuran ini untuk pipa wastafel maupun closet dalam toilet.

Pipa PVC Kelas D Diameter 3in

Selanjutnya jika butuh pipa untuk ukuran yang lebih besar, maka bisa memutuskan untuk menggunakan pipa PVC kelas D dengan ukuran diameter 3in. Biasanya ukuran ini paling banyak digunakan untuk pembuangan air kotor dari air hujan. Atau sering kali disebut dengan pipa talang. Kebanyakan perumahan dan properti menggunakan ukuran yang satu ini untuk pembuatan talang rumah.

Pipa PVC Kelas D Diameter 4in

Ada juga pipa PVC kelas D dengan diameter 4in yang merupakan ukuran paling besar untuk digunakan pada instalasi air kotor. Biasanya ukuran tersebut sering dipakai untuk air buangan kamar mandi maupun pembuangan air hujan. Karena biasanya aktivitas tersebut membuang debit air yang cukup besar secara berkala.

Kombinasi Dua Diameter

Tidak hanya satu ukuran saja, tetapi menggunakan kombinasi dua ukuran untuk pipa instalasi air kotor juga diperbolehkan. Biasanya ukuran ini digunakan untuk saluran dari area closet menuju ke septictank rumah.

Dengan membaca informasi yang diberikan di atas lebih dulu, maka tentu memilih tipe pipa yang tepat bukan lagi menjadi masalah. Apalagi jika ingin memilih tipe pipa untuk instalasi air kotor. Sebaiknya benar-benar perhatikan material dan ukuran pipa yang dibutuhkan. Karena jika terjadi kesalahan dalam memilih, maka bisa saja nantinya saluran air tidak berjalan dengan baik atau bisa juga material pipa PVC yang digunakan tidak dapat bertahan lama hingga akhirnya membuang banyak biaya untuk menggantinya berkali-kali. Dengan menggunakan tipe serta jenis yang tepat, maka tentunya hal ini dapat dihindari dan penggunaan pipa PVC pada instalasi air kotor dapat dilakukan secara optimal.

Write a Reply or Comment