Kegunaan Pipa PVC Kelas AW dan D

pipa putih 2

Kegunaan Pipa PVC Kelas AW dan D

Penggunaan pipa PVC di berbagai bidang memang cukup luas. Salah satunya yaitu kegunaan pipa PVC kelas AW dan D yang sering kali digunakan hanya untuk kebutuhan tertentu. Pastinya banyak yang mengira bahwa semua jenis pipa PVC sama saja. Padahal ternyata ada kelas-kelas tertentu yang membuat pipa PVC digunakan sesuai peruntukan pipa tersebut. Termasuk saat menggunakan jenis pipa PVC kelas AW dan kelas D. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa informasi kegunaan pipa PVC kelas AW dan D yang perlu diketahui.

Ciri Fisik Pipa PVC Kelas AW

Sebelum mengetahui kegunaannya secara lebih lengkap, sebaiknya pahami dulu apa yang membedakan antara pipa PVC untuk kelas AW dengan kelas D tersebut. Karena jika dilihat sepintas akan terlihat sama, padahal peruntukan serta ciri fisik yang disematkan oleh pabrik adalah berbeda untuk kedua jenis pipa tersebut.

Untuk pipa kelas AW, umumnya dapat ditemukan dalam bentuk pipa PVC yang memiliki cat berwarna biru. Cat ini diberikan pada pipa berupa strip sehingga mudah dikenali secara fisik oleh para penggunannya. Sehingga jika menemukan pipa PVC dengan tanda tersebut, maka dipastikan bahwa pipa adalah termasuk dalam kelas AW.

Selain dapat dibedakan dari warna strip dasar pada pipa, kelas AW juga memiliki ciri mampu digunakan pada air bertekanan hingga mencapai 10kg/cm2. Sehingga cukup wajar jika diperhatikan maka jenis pipa PVC yang ada di kelas tersebut memiliki ketebalan yang lebih besar.

Ciri Fisik Pipa PVC Kelas D

Lain halnya dengan pipa PVC kelas D. Untuk bisa mengetahui ciri-ciri pipa dengan kelas tersebut, cukup perhatikan warna strip yang terdapat pada badan pipa. Karena umumnya untuk kelas D ini diberikan warna merah pada strip. Sehingga cukup jelas untuk dapat membedakan antara kelas D dengan kelas AW.

Selain itu untuk kelas D ini memiliki ketahanan tekanan yang lebih kecil. Maka dari itu umumnya jika dilihat pipa kelas D hanya menyediakan pipa dengan ketebalan yang minim. Sehingga secara umum jauh lebih tips daripada pipa kelas AW.

Kegunaan Pipa PVC Kelas AW

Setelah mengetahui ciri fisik pada masing-masing kelas pipa di atas, maka selanjutnya lebih mudah untuk mengetahui penggunaan dari pipa PVC berdasarkan kelasnya. Mulai dari pipa kelas AW, dimana karena memiliki ketebalan yang tinggi dan kekuatan yang lebih besar, maka biasanya pipa ini digunakan untuk keperluan pompa atau air bertekanan sehingga lebih aman dan tidak mengalami resiko mudah bocor atau mengalami kerusakan. Biasanya dalam perumahan jenis pipa kelas AW ini juga banyak digunakan untuk plumbing.

Kegunaan Pipa PVC Kelas D

Untuk pipa PVC kelas D, karena ketebalan yang lebih tips serta kekuatan pipa yang lebih kecil, umumnya jenis kelas D ini digunakan untuk pembuangan air yang tidak memiliki tekanan. Contohnya yaitu untuk pipa wastafel atau pipa dapur. Dapat juga digunakan untuk pipa kloset maupun pembuangan toilet.

Dengan membaca seluruh informasi yang disampaikan di atas, tentunya sudah cukup jelas bagi yang ingin membeli produk berupa pipa PVC untuk kebutuhan tertentu. Mengingat bahwa kebutuhan untuk servis yang satu dengan yang lain cukup berbeda, maka sebaiknya pahami dulu dengan betul perbedaan kelas-kelas material pipa pada pipa PVC. Sehingga nantinya tidak mengalami kesalahan dalam melakukan pemasangan pipa serta saat digunakan dapat bertahan lama serta tidak mudah rusak.

Write a Reply or Comment