Fungsi Pipa PVC Secara Umum Dan Jenisnya

maspion1

Fungsi Pipa PVC Secara Umum Dan Jenisnya

Digunakannya pipa PVC untuk menggantikan peranan dari pipa besi yang sebelumnya umum digunakan untuk perumahan. Kini, pipa PVC menjadi pilihan utama karena harga pipa PVC yang cukup terjangkau dengan material yang sangat ringan. Dibandingkan dengan jenis pipa besi, pipa PVC memang jauh lebih kuat serta tidak mudah keropos seperti pipa besi. Proses instalasi dan perawatannya juga tergolong mudah serta tidak memerlukan banyak biaya.

Untuk mengenal lebih jauh lagi tentang Pipa PVC, berikut dibawah ini akan dijelaskan fungsinya secara umum beserta jenisnya :

  1. Fungsi Pipa PVC Secara Umum

Pada dasarnya, masyarakat Indonesia sudah sangat umum menggunakan jenis pipa PVC. Tapi, mereka belum begitu paham akan fungsi pipa PVC secara umum. Oleh karena itu, dibawah ini akan disebutkan fungsi pipa PVC secara umum :

  • Pipa PVC biasanya digunakan untuk saluran air bersih ataupun air kotor.
  • Pipa PVC juga bisa digunakan untuk saluran berbagai bahan kimia berbahaya.
  • Bahkan pipa PVC jenis tertentu bisa difungsikan sebagai pelindung kabel listrik.
  • Pipa PVC cocok digunakan untuk saluran air dengan tekanan rendah seperti irigasi, venting bangunan, hingga air minum.
  1. Jenis Pipa PVC

Pipa PVC terbagi menjadi berbagai macam jenis seperti dibawah ini :

  • Pipa PVC Berdasarkan Ukuran

Berdasarkan ukuran, biasanya pipa PVC tersedia di pasaran dengan panjang hingga 4 meter. Diameter pipa PVC diukur dengan menggunakan satuan inci. Ukuran diameternya bervariasi mulai dari 1, 1 ¼ inch, ¾ inch, ½ inch, 2 inch, 2 ½ inch, hingga 6 inch.

  • Pipa PVC Berdasarkan Ketebalan

Berdasarkan ketebalannya, pipa PVC terbagi menjadi 3 jenis yaitu tipe C, AW, dan D. Ketiga tipe pipa tersebut memiliki ketebalan yang berbeda beda. Pipa AW adalah pipa yang sangat tebal dan cukup kuat. Sedangkan pipa D memiliki ketebalan minimum dan biasanya digunakan untuk saluran air kotor atau limbah. Dan terakhir, pipa C yang memiliki ketebalan paling tipis dibandingkan dua tipe pipa lainnya. Pipa tipis ini cocok digunakan untuk membungkus kabel karena teksturnya elastic, lentur, serta cukup kuat.

  • Pipa PVC Berdasarkan Bentuknya

Terakhir berdasarkan bentuknya, pipa PVC terbagi lagi menjadi empat tipe yaitu pipa talang, pipa MOF, pipa polos, serta pipa fitting. Pipa talang adalah pipa khusus untuk mengalirkan air hujan dan dipasang pada ujung jurai.

Pipa MOF adalah pipa yang salah satu ujungnya memiliki ukuran lebih besar dibandingkan ujung lainnya. Pipa tipe ini bisa disambungkan dengan pipa lain, tapi tidak perlu menggunakan alat penyambung atau fitting.

Sedangkan pipa polos adalah jenis pipa PVC yang memiliki panjang batang konsisten. Untuk menyambungkan pipa ini juga tidak diperlukan fitting atau pipa penyambung.

Dan terakhir, pipa fitting yang berfungsi untuk menyambungkan lebih dari satu pipa dengan bentuk yang beragam. Biasanya bentuk jenis pipa fitting ini seperti L, T, Plus, Increaser, dan masih banyak yang lainnya.,

Itulah penjelasan tentang fungsi pipa PVC secara umum dan jenisnya. Pipa PVC merupakan pipa plastik dari bahan termoplastik dan kerap digunakan pada penyaluran air bersih. Pipa PVC hingga saat ini banyak diminati karena murah harganya. Pemasangannya juga sangat mudah serta tidak memerlukan perawatan khusus. Dengan segala kelebihannya, tentunya Anda juga tidak ragu kan untuk menggunakan pipa PVC ini?

Write a Reply or Comment